Upaya
peningkatan Gerakan Penghijauan
Di Lingkungan
Sekolah
Karya Tulis
Disusun Untuk
Memenuhi Tugas Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
Sebagai Syarat Mengikuti
Ujian Praktek
Sekolah Pada SMP Negeri 8 Pati
Tahun Pelajaran
2017 / 2018
Disusun oleh :
Nama :
Kumala Cahya Syahrani
Kelas :
IX – F
NIS/ NISN :
0033110425
Dinas Pendidikan
Kabupaten Pati
SMP Negeri 8
Pati
Jl. Kartini No.
01 Pati
PENGESAHAN
Karya tulis ini telah diterima dan
disetujui pembimbing pada :
Hari :
Selasa
Tanggal :
02 Maret 2018
Pembimbing
Dra. Wuryani
NIP. 196404141484022004
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
:
-
Hidup adalah serangkaian peristiwa alami
dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan.
Biarkan realitas menjadi kenyataan.
-
Setiap jalan yang kita lalui harus bisa
mendatangkan pelajaran untuk terus menapaki jalan itu. Karena jalan kehidupan
begitu panjang dan bermakna.
-
Sukses
bukanlah milik mereka yang pintar dan cerdas. Sukses adalah milik mereka yang
memiliki mimpi dan berjuang mati-matian untuk menggapai mimpi itu.
-
Kamu harus
mencintai dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain. Kamu harus peduli pada
dirimu sebelum peduli kepada orang lain.
-
Hidup itu
ibarat kopi. ibarat minuman kopi kadang rasanya pahit, tapi itu yang membuat
mata terbuka.
Karya tulis ini penulis persembahkan kepada :
1. Orang
tua
2. Teman
– teman tercinta
KATA
P ENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan
rahmat, serta karunia sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah
sederhana ini.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk menghimbau siswa
agar peduli akan lingkungan SMP Negeri 8 Pati, sehingga lingkungan di SMP
Negeri 8 Pati menjadi asri.
Dalam
penyusunan karya tulis ini, penulis mendapat bimbingan dan pengarahan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima aksih kepada :
1. Bapak
Giyarto, S. Pd, M. Si, selaku kepala SMP Negeri 8 Pati,
2. Ibu
Dra. Basirah selaku Wali Kelas 9 F,
3. Ibu
Dra. Wuryani selaku guru mapel Bahasa Indonesia dan sebagai pembimbing
penyusunan karya tulis ini.
Penulis
menyadari bahwa masih ada kekurangan ataupun kesalahan dalam karya tulis ini.
Penulis berharap akan adanya kritik dan saran dari pembaca.
Semoga karya tulis ini
dapat memotivasi pembaca untuk lebih memahami tema penghijauan di lingkungan
sekolah. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Pati,
Maret 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………….. i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………... ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ……………………………………… iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………... iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………. v
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………. 1
1.1 Latar
Belakang Masalah ……………………………………………... 1
1.2 Rumusan
Masalah …………………………………………………… 1
1.3 Tujuan
Penulisan ……………………………………………………. 1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………….……. 2
2.1 Pengertian gerakan penghijauan di
lingkungan Sekolah …………....…. 2
2.2 Peran dan fungsi dilakukan
Penghijauan di Lingkungan Sekolah …........ 2
2.3 Manfaat Dilakukan Penghijauan di
Lingkungan Sekolah ………….....….. 3
3.4 Upaya Meningkatkan Penghijauan di
Lingkungan Sekolah ……….....….. 3
BAB III PENUTUP ……………………………………………….…….. 4
3.1 Kesimpulan ………………………………………………………….. 4
3.2 Saran ………………………………………………………...……… 4
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….…... 5
.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang Masalah
Lingkungan
merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk
hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai. Tanpa adanya
lingkungan maka tidak aka nada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya
untuk melestarikan lingkungan sekolah dengan sebaik – baiknya. Salah satu cara
tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan ( reboisasi ) secara
terencana. Lingkungan yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran
dilingkungan sekitar, sebagai pencipta lingkungan hidup yang dapat mlestarikan
keindahan yang ada di lingkungan hidup tersebut. Sebagai penyeimbangan alam
yang dapat membentuk tempat hidup alam untuk satwa yang hidup di lingkungan
tersebut sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik yang baik
disekitar lingkungan sekolah.
Sebagai
keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan hidup, sebagai kesehatan
yang dapat memberikan fisik, jasmani dan rohani yang sehat bagi makhluk hidup
yang disekitarnya.
1.2.Rumusan
Masalah
1.2.1. Siapa
saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan
1.2.2. Bagaimanakah
kondisi penghijauan ?
1.2.3. Bagaimanakah
perawatan penghijauan
1.2.4. Apa
manfaat dari program penghijauan di lingkungan sekolah ?
1.3.Tujuan
Tujuan penyusunan karya tulis ini
adalah
1.3.1. Memenuhi
tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai syarat mengikuti ujian akhir
sekolah SMP Negeri 8 Pati Tahun pelajaran 2017 / 2018.
1.3.2. Memenuhi
pengertian lingkungan sekolah.
1.3.3. Memenuhi
pengertian – pengertian lingkungan di lingkungan sekolah.
1.3.4. Memenuhi
tujuan penghijauan di lingkungan sekolah.
1.3.5. Memenuhi
manfaat penghijauan di lingkungan sekolah.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian Gerakan penghijauan di Lingkungan Sekolah.
Lingkungan diartikan sebagai
kesatuan ruang suatu benda, daya dan makhluk hidup termasuk manusia dan
perilaku – perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan
kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Hal ini hendaklah menjadi
perhatian khusus bagi penanggung jawab sekolah dan komunitasnya dalam menata
kembali lingkungan sekolah dari segala bentuk berbagai kerusakan lingkungan.
Disamping menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan
lingkungan.
Gerakan ramah lingkungan bisa
kembali digagalkan melalui program penghijauan di lingkungan sekolah secara
menyeluruh. Sebab, dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan
hidup, sangatlah perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat
dengan sekolah itu sendiri. Penghijauan di lingkungan sekolah bukan hanya di
luar sekolah tapi juga di dalam kelas kita sendiri kita harus menjaag
kebersihannya.
Sekolah
adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung dan banyak sekali cara
– caranya dalam penghijauan di lingkungan sekolah. sekolah diadakan kegiatan pembelajaran
dan pelatihan.
2.2.
Peran dan Fungsi di Lingkungan Sekolah
Peran
dan fungsi dari penghijauan diantaranya adalah sebagai paru-paru lingkungan
yang sangat diperlukan makhluk hidup untuk bernafas sebagai pengatur lingkungan
yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran di lingkungan
sekitar, sebagai pencipta lingkungan hidup yang dapat melestarikan keindahan
yang ada di lingkungan hidup tersebut, sebagai penyeimbangan alam yang dapat
membentuk tempat hidup alam untuk satwa yang hidup di sekitar lingkungan
tersebut, sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik alami di
sekitar lingkungan, sebagai keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan
hidup, sebagai kesehatan yang dapat memberikan fisik, jasmani, maupun rohani
yang sehat bagi makhluk hidup yang ada di sekitarnya.Selain itu jika di suatu
sekolah tidak ada penghijauannya banyak sekali dampak negatifnya seperti,
global warming,yaitu menipisnya lapisan ozon di udara dikarenakan pemanasan
matahari serta kurangnya udara sehat dan kurangnya penghijauan.
2.3.
Manfaat Dilakukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah
2.3.1.
Mengurangi polusi
2.3.2.
Mengurangi partikel debu
2.3.3.
Pendidikan lingkungan di sekolah
2.3.4.
Sarana pembelajaran
2.3.5.
Lingkungan sekolah menjadi asri
2.3.6.
Sebagai penghasil oksigen
2.3.7.
Lingkungan sekolah menjadi lebih sejuk
2.3.8.
Menambah persediaan air bagi komponen abiotik
2.4.
Upaya Meningkatkan Penghijauan di Lingkungan Sekolah
Program
penghijauan di sekolah dapat diterapkan oleh para siswa. Dan tugas para guru
adalah meyakini para siswa dampak positif dan negatifnya apabila melakukan
penghijauan, serta mengajak anak didiknya melakukan penghijauan dengan hal –
hal yang menarik. Misalnya melakukan acara penanaman seribu bunga di Sekolah.
BAB
III
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Dengan
upaya meningkatkan gerakan penghijauan di lingkungan sekolah ini, sehingga kita
dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, sehat dan dapat mendukung proses
pelaksanaan KBM dengan status dalam luar atau luar ruang lingkungan sekolah
yang kondisif sangat diperlukan dalam menghasilkan tanaman yang cakap melalui
proses belajar mengajar berbasis system pendidikan yang bermutu. Tidak itu
saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya
hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing
bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan daya alam hayati Indonesia.
3.2.
Saran
Mari
kita mempertahankan dari peningkatan penghijauan ataupun kebersihan di
lingkungan sekolah dengan cara bekerja bakti setiap seminggu sekali, yaitu pada
hari Jum’at pagi.
DAFTAR PUSTAKA
Desi,
Pursita. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8. Pati
: www.pangudiluhur.org
Irna,
Neng. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Pratama,
Erlangga. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8.
Pati : www.pangudiluhur.org
Rinaldi,
ALdy. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Wulansari,
Febri Retno. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih atas komentarnya dan telah mampir