SELAMAT DATANG & SELAMAT BROWSING. DAFTAR HARGA NGENET: Personal Rp.3.000 / Jam, Paket 1 ( 2 Jam ) = Rp.5.000, Paket 2 ( 3 Jam ) = Rp.7.500, Paket 3 ( 4 Jam ) = Rp.9.500.Paket 4 (5 jam)= Rp.12.000, Paket 5 (6 Jam)= Rp. 18.000. PAKET HEMAT MALAM mulai jam 20.00 : Paket 6 ( 2,5 Jam ) = Rp.5.000, Paket 7 ( 3,5 Jam ) = Rp.6.500. Kami juga melayani Pembayaran Listrik, PDAM dan Telkom TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Sabtu, 07 April 2018

Upaya peningkatan Gerakan Penghijauan Di Lingkungan Sekolah

Upaya peningkatan Gerakan Penghijauan
Di Lingkungan Sekolah

Karya Tulis

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Sebagai Syarat Mengikuti
Ujian Praktek Sekolah Pada SMP Negeri 8 Pati
Tahun Pelajaran 2017 / 2018

 
  
Disusun oleh :

Nama          : Kumala Cahya Syahrani
Kelas          : IX – F
NIS/ NISN  : 0033110425



Dinas Pendidikan Kabupaten Pati
SMP Negeri 8 Pati
Jl. Kartini No. 01 Pati
PENGESAHAN

Karya tulis ini telah diterima dan disetujui pembimbing pada :
Hari                 : Selasa
Tanggal           : 02 Maret 2018























Pembimbing


Dra. Wuryani
NIP. 196404141484022004


MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO :

-          Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan.
-          Setiap jalan yang kita lalui harus bisa mendatangkan pelajaran untuk terus menapaki jalan itu. Karena jalan kehidupan begitu panjang dan bermakna.
-          Sukses bukanlah milik mereka yang pintar dan cerdas. Sukses adalah milik mereka yang memiliki mimpi dan berjuang mati-matian untuk menggapai mimpi itu.
-          Kamu harus mencintai dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain. Kamu harus peduli pada dirimu sebelum peduli kepada orang lain.
-          Hidup itu ibarat kopi. ibarat minuman kopi kadang rasanya pahit, tapi itu yang membuat mata terbuka.














Karya tulis ini penulis persembahkan kepada :
1.      Orang tua
2.      Teman – teman tercinta


KATA P ENGANTAR

            Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, serta karunia sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah sederhana ini.
            Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk menghimbau siswa agar peduli akan lingkungan SMP Negeri 8 Pati, sehingga lingkungan di SMP Negeri 8 Pati menjadi asri.
            Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis mendapat bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima aksih kepada :
1.    Bapak Giyarto, S. Pd, M. Si, selaku kepala SMP Negeri 8 Pati,
2.    Ibu Dra. Basirah selaku Wali Kelas 9 F,
3.    Ibu Dra. Wuryani selaku guru mapel Bahasa Indonesia dan sebagai pembimbing penyusunan karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan ataupun kesalahan dalam karya tulis ini. Penulis berharap akan adanya kritik dan saran dari pembaca.
Semoga karya tulis ini dapat memotivasi pembaca untuk lebih memahami tema penghijauan di lingkungan sekolah. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


Pati,        Maret 2018

Penulis











DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………..  i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………...   ii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ………………………………………    iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………...   iv
DAFTAR ISI …………………………………………………………….    v
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………….   1
1.1  Latar Belakang Masalah ……………………………………………...   1
1.2  Rumusan Masalah ……………………………………………………    1
1.3  Tujuan Penulisan …………………………………………………….     1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………….…….    2
2.1 Pengertian gerakan penghijauan di lingkungan Sekolah …………....….     2
2.2 Peran dan fungsi dilakukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah …........     2
2.3 Manfaat Dilakukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah ………….....….. 3
3.4 Upaya Meningkatkan Penghijauan di Lingkungan Sekolah ……….....…..  3
BAB III PENUTUP ……………………………………………….……..    4
3.1 Kesimpulan …………………………………………………………..    4
3.2 Saran ………………………………………………………...………    4
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………….…...    5
.



                                                                            BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak aka nada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekolah dengan sebaik – baiknya. Salah satu cara tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan ( reboisasi ) secara terencana. Lingkungan yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran dilingkungan sekitar, sebagai pencipta lingkungan hidup yang dapat mlestarikan keindahan yang ada di lingkungan hidup tersebut. Sebagai penyeimbangan alam yang dapat membentuk tempat hidup alam untuk satwa yang hidup di lingkungan tersebut sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik yang baik disekitar lingkungan sekolah.
Sebagai keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan hidup, sebagai kesehatan yang dapat memberikan fisik, jasmani dan rohani yang sehat bagi makhluk hidup yang disekitarnya.

1.2.Rumusan Masalah
1.2.1.      Siapa saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan
1.2.2.      Bagaimanakah kondisi penghijauan ?
1.2.3.      Bagaimanakah perawatan penghijauan
1.2.4.      Apa manfaat dari program penghijauan di lingkungan sekolah ?

1.3.Tujuan
Tujuan penyusunan karya tulis ini adalah
1.3.1.      Memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai syarat mengikuti ujian akhir sekolah SMP Negeri 8 Pati Tahun pelajaran 2017 / 2018.
1.3.2.      Memenuhi pengertian lingkungan sekolah.
1.3.3.      Memenuhi pengertian – pengertian lingkungan di lingkungan sekolah.
1.3.4.      Memenuhi tujuan penghijauan di lingkungan sekolah.
1.3.5.      Memenuhi manfaat penghijauan di lingkungan sekolah.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Gerakan penghijauan di Lingkungan Sekolah.
                 Lingkungan diartikan sebagai kesatuan ruang suatu benda, daya dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilaku – perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Hal ini hendaklah menjadi perhatian khusus bagi penanggung jawab sekolah dan komunitasnya dalam menata kembali lingkungan sekolah dari segala bentuk berbagai kerusakan lingkungan. Disamping menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan lingkungan.
                 Gerakan ramah lingkungan bisa kembali digagalkan melalui program penghijauan di lingkungan sekolah secara menyeluruh. Sebab, dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangatlah perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat dengan sekolah itu sendiri. Penghijauan di lingkungan sekolah bukan hanya di luar sekolah tapi juga di dalam kelas kita sendiri kita harus menjaag kebersihannya.
                 Sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung dan banyak sekali cara – caranya dalam penghijauan di lingkungan sekolah. sekolah diadakan kegiatan pembelajaran dan pelatihan.
2.2. Peran dan Fungsi di Lingkungan Sekolah
  
Peran dan fungsi dari penghijauan diantaranya adalah sebagai paru-paru lingkungan yang sangat diperlukan makhluk hidup untuk bernafas sebagai pengatur lingkungan yang dapat memberikan kesejukan, kenyamanan serta kesegaran di lingkungan sekitar, sebagai pencipta lingkungan hidup yang dapat melestarikan keindahan yang ada di lingkungan hidup tersebut, sebagai penyeimbangan alam yang dapat membentuk tempat hidup alam untuk satwa yang hidup di sekitar lingkungan tersebut, sebagai perlindungan yang dapat memberikan kondisi fisik alami di sekitar lingkungan, sebagai keindahan yang dapat dijadikan panorama lingkungan hidup, sebagai kesehatan yang dapat memberikan fisik, jasmani, maupun rohani yang sehat bagi makhluk hidup yang ada di sekitarnya.Selain itu jika di suatu sekolah tidak ada penghijauannya banyak sekali dampak negatifnya seperti, global warming,yaitu menipisnya lapisan ozon di udara dikarenakan pemanasan matahari serta kurangnya udara sehat dan kurangnya penghijauan.
2.3. Manfaat Dilakukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah
       2.3.1. Mengurangi polusi
       2.3.2. Mengurangi partikel debu
       2.3.3. Pendidikan lingkungan di sekolah
       2.3.4. Sarana pembelajaran
       2.3.5. Lingkungan sekolah menjadi asri
2.3.6. Sebagai penghasil oksigen
       2.3.7. Lingkungan sekolah menjadi lebih sejuk
       2.3.8. Menambah persediaan air bagi komponen abiotik
2.4. Upaya Meningkatkan Penghijauan di Lingkungan Sekolah
                        Program penghijauan di sekolah dapat diterapkan oleh para siswa. Dan tugas para guru adalah meyakini para siswa dampak positif dan negatifnya apabila melakukan penghijauan, serta mengajak anak didiknya melakukan penghijauan dengan hal – hal yang menarik. Misalnya melakukan acara penanaman seribu bunga di Sekolah.









BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
            Dengan upaya meningkatkan gerakan penghijauan di lingkungan sekolah ini, sehingga kita dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status dalam luar atau luar ruang lingkungan sekolah yang kondisif sangat diperlukan dalam menghasilkan tanaman yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis system pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan daya alam hayati Indonesia.
3.2. Saran
                        Mari kita mempertahankan dari peningkatan penghijauan ataupun kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara bekerja bakti setiap seminggu sekali, yaitu pada hari Jum’at pagi.










DAFTAR PUSTAKA

Desi, Pursita. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Irna, Neng. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Pratama, Erlangga. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Rinaldi, ALdy. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org
Wulansari, Febri Retno. 2012. Pembentukan Penghijauan di Lingkungan SMP Negeri 8. Pati : www.pangudiluhur.org













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya dan telah mampir